Royal Philips Penuhi Target ‘Healthy People, Sustainability Planet

Royal Philips, perusahaan di bidang teknologi kesehatan, mengumumkan keberhasilannya dalam memenuhi semua target program ‘Healthy people, Sustainable planet’ dalam kurun 2016 – 2020. Kesuksesan program ini termasuk pengoperasian perusahaan secara karbon netral, penggunaan listrik 100% dari sumber terbarukan.

Selain itu terdapat lebih dari 70% penjualan dari Produk dan Layanan Ramah Lingkungan, lalu 15% penjualan berasal dari pendapatan sirkular, serta mendaur ulang 90% limbah operasional sehingga tidak ada limbah yang dikirimkan ke TPA.

“Kami senang dapat memenuhi semua target program ‘Healthy people, Sustainable planet’ perusahaan dan menjadikan Philips sebagai salah satu perusahaan teknologi kesehatan pertama di dunia yang sepenuhnya beroperasi secara netral karbon,” ujar Frans van Houten, CEO Royal Philips.

“Kerangka ESG terintegrasi baru kami pun dibangun di atas kesuksesan  saat ini. Kami bertekad untuk terus menjalankan agenda keberlanjutan ini dan bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait, baik publik maupun swasta. Tujuannya untuk terus mendorong prioritas lingkungan dan sosial, serta menciptakan perubahan berskala global,” cetus Frans dalam keterangan tertulisnya.  

Menurut Frans, pandemi COVID-19 dan perubahan iklim telah membawa masyarakat pada risiko kesehatan dan akses layanan kesehatan berkualitas. Untuk itu, pihaknya berkomitmen membangun sistem layanan kesehatan yang inklusif dan kuat bagi masyarakat di tempat perusahaan berada, sekaligus menurunkan ketergantungan bisnis terhadap sumber daya alam.

Pembaruan pada Environmental, Social and Governance Philips merupakan bagian terintegrasi dari Laporan Tahunan Philips 2020, yang telah dipublikasikan pada tanggal 23 Februari 2021. Beberapa hal yang disoroti antara lain:

 

Lingkungan:

  • Sumber energi terbarukan: Melalui Perjanjian Pembelian Daya virtual yang dipimpin oleh konsorsium, Philips mengamankan suplai energi terbarukan bagi operasional perusahaan di Eropa.

 

  • Ekonomi Sirkular: Philips memegang peran penting dalam Platform for Accelerating the Circular Economy (PACE), mengatur Agenda Kegiatan global PACE serta mendorong perubahan untuk menanamkan pemikiran dan cara kerja sirkular.

 

  • Rantai pasokan: Philips berkolaborasi dengan pemasok untuk mengurangi emisi karbon dengan mendukung pengembangan keterampilan dan berkontribusi terhadap transparansi dan efisiensi rantai pasokan. Pendekatan ini telah meningkatkan kinerja keberlanjutan pemasok yang mengikuti program pada tahun 2019 sebesar 36% dibandingkan tahun lalu. Selain itu, program Philips telah meningkatkan kehidupan 302.000 pekerja dalam rantai pasokannya pada tahun 2020.

 

Sosial:

  • Meningkatkan kehidupan: ditahun 2020, produk dan solusi Philips meningkatkan kualitas kehidupan 1,75 milyar orang. Angka ini mencakup 207 milyar orang di komunitas yang kurang terlayani. Untuk mengakhirinya, Philips juga bekerja sama dengan pemerintah, LSM, dan rumah sakit. Misalnya, Philips bermitra dengan Uni Afrika untuk menyediakan peralatan medis dan keahlian untuk membantu memenuhi kebutuhan mendesak para praktisi medis dan pasien COVID-19.

 

  • Lingkungan kerja yang adil dan inklusif: Skor rata-rata keterlibatan karyawan Philips untuk tahun 2020 adalah 79%. Survei karyawan Philips secara konsisten melaporkan bahwa keterlibatan karyawannya meningkat dan jauh melebihi norma kinerja tinggi global sebesar 71%. Selain itu, keragaman gender dalam posisi kepemimpinan senior mencapai 27% pada akhir tahun 2020, melebihi target Philips sebesar 25%.

 

Pengakuan global

Philips memperoleh pengakuan lebih lanjut atas pencapaian keberlanjutannya: posisi teratas dalam Indeks Keberlanjutan Dow Jones, dan peringkat Sustainalytics; delapan tahun berturut-turut dalam Daftar ‘A’ CDP Climate Change; dan target pengurangan gas rumah kaca yang disetujui oleh Science Based Targets initiative. Philips juga meraih tempat kedua pada tahun 2020 di dalam daftar 100 Perusahaan Terkelola Paling Berkelanjutan di Dunia oleh Wall Street Journal.

(Source: https://majalahcsr.id/royal-philips-penuhi-target-healthy-people-sustainability-planet/)